anda pengunjung ke-

Selasa, 13 Desember 2011

Shitakiri Suzume


Dahulu kala, hiduplah seorang tua dan seorang wanita tua. Orang tua itu baik dan lembut, tetapi istrinya kejam dan serakah. Suatu pagi seperti biasa, orang tua berangkat bekerja di pegunungan di mana ia memotong kayu, membajak, dan bekerja di ladang.

Pagi ini, ia pergi jauh ke gunung untuk memotong kayu bakar. Sementara ia bekerja, ia mendengar suara seorang menangis burung gereja. Ketika dia melihat ke bawah, dia melihat seekor burung pipit muda yang cedera terperangkap di bawah cabang mati. "Oh, Anda sedang buruk," kata pria tua saat ia dengan lembut mengambil burung pipit. "Jangan khawatir, saya akan mengurus Anda.. Anda akan baik-baik dalam waktu singkat. Mari kita pergi ke rumah saya," katanya.

Ketika mereka tiba, orang tua membalut dan memberi makan burung pipit itu beberapa butir beras. Wanita tua itu marah. "Mengapa kamu membuang-buang nasi yang berharga kita pada burung itu?" serunya. Tapi orang tua itu membayarnya tidak ada pikiran dan bekerja keras untuk perawat burung pipit muda kembali ke kesehatan.

Suatu hari, orang tua kembali bekerja di pegunungan, ia bertanya pada wanita tua, "Jaga burung pipit." "Ya, ya, aku tahu," bentak wanita tua, tapi dia tidak peduli tentang burung dan tidak berniat memberi makan. Dia meninggalkan burung pipit di rumah dan pergi ke sungai untuk mencuci.

Sementara itu dibiarkan sendirian, burung gereja kecil yang lapar. Ini menemukan semangkuk pati bahwa wanita tua itu dibuat. Karena burung itu begitu lapar, ia mulai menggigiti pati tanpa berpikir dan memakan semuanya. Kemudian wanita tua kembali dari sungai, siap untuk pati linen. Dia menyadari bahwa pati itu hilang dan bertanya burung gereja apa yang telah terjadi. "Maafkan aku," kata burung pipit. "Aku lapar dan tidak bisa membantu memakannya." Wanita tua terbang mengamuk. "Dasar pencuri!" dia guntur. "Saya akan memperbaiki Anda sehingga Anda tidak akan pernah mampu melakukan hal seperti itu lagi," katanya, dan ia memotong lidah burung gereja kecil itu dengan gunting. Burung gereja kecil yang malang terbang kembali ke pegunungan, menangis sepanjang perjalanan.

Ketika orang tua pulang dari gunung, ia melihat bahwa burung gereja sudah pergi. "Apa yang terjadi pada burung gereja kecil?" ia bertanya pada wanita tua. "Itu burung makan pati saya," jawabnya, "jadi aku memotong lidahnya dan mengejar pergi." Orang tua itu tertegun. "Oh, maafkan aku burung kecil. Ini harus telah menyakiti begitu banyak," katanya dengan air mata bercucuran di wajahnya. Orang tua itu lalu kembali ke pegunungan untuk mencari burung pipit.

Orang tua itu di sana-sini di hutan, memanggil "burung gereja kecil, kembali!" namun burung itu tak bisa ditemukan. "Itu benar," pikir si orang tua kepada dirinya sendiri, "Saya pernah mendengar bahwa burung pipit memiliki sebuah penginapan Jika aku pergi ke sana, aku bisa menemukannya.." Saat ia berjalan lebih jauh ke pegunungan, tiga burung pipit muncul di hadapannya. "Oh, burung pipit. Dimana penginapan Anda?" ia bertanya kepada mereka. "Dengan cara ini, cara ini, berkicau, kicauan," kata burung pipit, dan mereka memimpin manusia melalui rumpun bambu lebih jauh ke pegunungan. Tiba-tiba, di depannya adalah sebuah rumah indah dengan banyak burung pipit berbaris di depan gerbang.

"Selamat datang," salah satu dari mereka berkata, "Kami sudah menunggu Anda." "Pernahkah Anda melihat seekor burung pipit kecilku?" orang tua itu bertanya. "Dia menunggumu di dalam," jawab burung pipit dan memimpin orang tua ke ruang tamu di bagian belakang rumah besar. Ketika ia memasuki ruangan, burung gereja kecil datang berlari untuk menyambutnya. "Oh, kau sayang miskin. Apakah Anda baik-baik saja aku begitu khawatir?," Kata pria itu, senang melihat burung gereja kecil lagi. Burung pipit dibawa keluar nampan makanan lezat bagi orang tua dan mulai bernyanyi dan menari untuknya.

Setelah orang tua itu cukup menikmati dirinya sendiri, ia bangun dan berkata pada burung pipit, "Saya berharap saya bisa tinggal, tapi aku harus pulang istri saya akan khawatir.." Dengan ini, burung pipit dibawa keluar keranjang anyaman dua, satu besar dan satu kecil. "Sebagai hadiah, ambil mana yang Anda suka," kata salah satu burung pipit. Meskipun ia tidak punya keinginan untuk hadiah, ia menerima keranjang kecil. "Maafkan aku. Aku sudah tua, jadi saya kira lebih baik aku ambil yang kecil," katanya, dan ia membuat perjalanan pulang.

Ketika orang tua itu sampai di rumah, ia memanggil wanita tua, "Aku pulang aku bertemu burung gereja kecil.. Saya bahkan mendapat hadiah. Aku ingin tahu apa yang ada di dalamnya." Dua dari mereka membuka keranjang, dan untuk mengejutkan mereka, keranjang penuh dengan emas, perak, kain halus, dan barang berharga lainnya. "Jadi itulah mengapa begitu berat," kata pria tua itu. "Ini hal yang baik saya mengambil keranjang kecil." "Apa Ada? Yang besar?" wanita tua itu menjerit. "Yang besar harus memiliki barang-barang berharga bahkan lebih Oke, aku akan pergi dan mendapatkan keranjang besar,!" Dan tidak lama setelah ia mengucapkan kata-kata, daripada ia keluar pintu dan berlari ke gunung-gunung, disusul oleh keserakahan.

Ketika wanita tua mencapai penginapan burung pipit ', dia memanggil burung gereja kecil. "Sedikit burung gereja burung gereja kecil! Aku di sini,!" Katanya dengan senyum yang dipaksakan, dan burung pipit kecil yang keluar untuk melihatnya. "Burung gereja kecil," perempuan itu mulai, "saya merawat Anda tidak Aku Aku tidak lapar,? Jadi buru-buru dan membawa keluar keranjang." Burung pipit kecewa, tapi dibawa keluar dua keranjang pula. "Pilih mana yang Anda suka," kata mereka. Wanita tua itu tidak ragu-ragu, "Saya akan mengambil satu besar aku cukup kuat untuk membawanya.." Saat dia sedang dalam perjalanan keluar, salah satu burung pipit berkata kepadanya, "Jangan membuka keranjang sampai Anda tiba di rumah," tapi dia dibayar itu tidak ada pikiran dan berlari pulang secepat dia bisa. Di perjalanan kembali, bagaimanapun, wanita itu tidak bisa lagi mengandung keserakahan nya. Dia sangat ingin melihat barang-barang berharga, jadi dia berhenti dan membuka keranjang. Ketika dia melakukannya, asap keluar bersama dengan bermata satu goblin, ular raksasa, dan monster lainnya. Wanita tua itu sangat terkejut bahwa ia melemparkan keranjang bawah dan mencoba melarikan diri. Dalam terburu-buru, ia terpeleset dan jatuh, berguling semua jalan ke bawah gunung.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cari Blog Ini